Senin, 30 Maret 2009

Hubungan antara Toean Mahasar dengan Kerajaan Tanah Djawa

Raja ke-5 dari Kerajaan Tanah Jawa yang bernama Djintanari mempunyai istri "Poeang Namartoeah" dari Bandar dan dari perkawinan tersebut mempunyai putra bernama Timboel Madjadi (raja ke-6) selain putranya tersebut beliau juga mempunyai putri "Silandit Bou". Botou ni Toean Timboel Madjadi inilah yang dipersunting Toean Mahasar Damanik dari Sipolha menjadi istrinya.

Dari Perkawinan Toean Mahasar dengan Silandit Bou (Boruni Toean Djintanari) memperoleh keturunan seorang putra yang bernama Toean Djadi Damanik.

Setelah dewasa Toean Djadi mempersunting pula parebannya boruni Toean Timboel Madjadi.

Toean Timboel Madjadi selain mempunyai lima orang putra yang masing-masing bernama Horpanaloean,Podang Rani, Sirhata, Batoerat danAnggaralawan juga mempunyai putri "Silandit Bou".

Dari perkawinan Toean Djadi dengan Silandit Bou (boruni Toean Timboel Madjadi) lahirlah keturunan mereka yaitu dua orang putra masing masing bernama Toean Mariah Moeda Damanik dan Toean Boras Damanik.

Toean Boras Damanik mempunyai seorang putra bernama Toean Akim Damanik.

Setelah dewasa Toean Akim Damanik juga mempersunting keturunan dari Kerajaan Tanah Djawa yaitu boru dari Toean Horpanaloean raja ke8 dari Kerajaan Tanah Jawa.

Toean Horpanaloean selain mempunyai tiga orang putra yang masing masing bernama Toean Djintar, Toean Sang Madjadi dan Toean Djara juga mempunyai seorang putri "Silandit Bou".

Dari Perkawinan Toean Akim Damanik dengan Silandit Bou (putri Toean Horpanaloean) lahir keturunannya yang bernama Toean Kaden Damanik.



Mengingat sejarah tersebut dan skema silsilah yang ada ini, begitu dekatnya hubungan Kerajaan Tanah Jawa dengan Toean Mahasar Damanik dari Sipolha dari generasi ke generasi.

Bagi kita keluarga besar Sinaga dari Kerjaan Tanah Jawa dan juga dari keturunan Toean Mahasar dari Sipolha hendaknya merasa bersyukur karena tutur kekerabatan dari sejak jaman dahulu riwayatnya masih dapat terpelihara dengan baik, hendaknya generasi sekarang yang ada ini dapat meneruskannya.
Sekali lagi dari generasi muda Kerajaan Tanah Jawa dan generasi Toean Mahasar dari Sipolha yang ada sekarang ini saya menghimbau untuk secara bersama sama bertanggung jawab memelihara dan melanjutkan serta mendokumentasikan kekerabatan kita dengan terorganisir.

eone sinaga

2 komentar:

  1. Boleh nanya?..., tuan Mahasar masuk kerjaan mana? dan sipolha itu dimana ya?.......makaci.......

    BalasHapus
  2. Dengan hormat,

    Saya Ivan Taniputera, sedang menulis buku mengenai sejarah kerajaan-kerajaan di Kepulauan Nusantara. Apabila rekan-rekan sekalian memiliki data sejarah mengenai Kerajaan -kerajaan di Tanah Simalungun dan Sumatera Timur pada umumnya sudilah kiranya menghubungi saya.
    Email saya: ivan_taniputera @ yahoo.com.

    Salam hormat,

    Ivan Taniputera

    BalasHapus